Tips Psikotes

Hallo dengan mas / mba… Kami dari PT… mengundang anda untuk mengikuti proses psikotes di kantor kami pada hari dan jam sekian..anda bersedia hadir ? tolong di catat alamatnya...
Banyak sekali respon kita sebagai pelamar setelah menerima telepon undangan tersebut ada yang senang karena cv nya di respon, ada yang panik karena mendengar kata psikotes, ada yang langsung kasak kusuk mencari info apa sih psikotes itu…kalau anda sendiri yang mana ?

Doli Rochasli Adiningtias jasa psikotes namira consulting

Bagi pelamar kerja, intinya saat kita menerima undangan psikotes yang pertama dilakukan adalah mengucapkan syukur, karena “umpan” cv yang kita kirim mendapat respon dari  si penyedia lowongan kerja.

Kalau bagi karyawan yang mengikuti proses psikotes karena evaluasi atau promosi, sebaiknya anda tenang saja dan tidak perlu berfikir negative, karena banyak yang berfikir bahwa psikotes bagi karyawan yang masih aktif bekerja hanya alas an untuk PHK, mutasi ke kota yang tidak menyenangkan, atau beberapa analisa negatif lainnya, hindari fikiran tersebut, jangan terlalu frontal menanyakan mengapa harus mengikuti psikotes, dan segera persiapkan diri anda untuk tahap proses berikutnya.

Tips Psikotes namira consulting


Yang dilakukan selanjutnya adalah mempersiapkan diri agar kita menjadi tenang dan tidak panik, kendalikan emosi anda,  yakin pada kemampuan diri sendiri, serta tidur dan istirahat yang cukup.

Ingat .. bagi peserta yang diundang psikotes sebaiknya datang tepat waktu, pakaian sopan dan rapi, tidak bau badan dan mulut,  serta membawa alat tulis pendukung seperti pinsil, pena, penghapus, rautan, buku kecil. 

Pada saat pelaksanaan pun jangan lupa untuk makan secukupnya dan mematikan atau “silent” telepon genggam anda, sehingga anda penuh konsentrasi dalam mengerjakan tugas yang diberikan

Tidak perlu “lirak lirik” lihat peserta lain menyelesaikan tugasnya, yakin pada kemampuan diri sendiri..pastinya anda tidak mau kan kemampuan orang lain yang lebih rendah dari anda lalu karena anda mencontek menjadi hasil dari kemampuan anda??

Lalu ikuti instruksi dari tester pemandu , jangan mencuri start atau stop duluan.. harus patuh dengan instruksi tester yaa.. Kalau belum paham bertanya sampai anda benar-benar paham jangan merasa malu karena tidak bisa sehingga hasilnya menjadi kurang maksimal

Setelah psikotes tersebut berakhir, lupakanlah dan jangan terlampau difikirkan selanjutnya berdoa agar anda dapat lulus dengan baik dan dapat mengikuti proses lebih lanjut, kalau belum lulus untuk tahap psikotes di perusahaan A, jangan putus semangat untuk terus mengikuti proses seleksi di perusahaan lain.. 
Ingat laah rejeki ditangan Tuhan bukan di tangan penyedia psikotes.

Semoga berhasil

1 Komentar

  1. Assalaamu'alaikum
    Selamat pagi

    Saya fatur, staf dari PT UPLJ yang berlokasi di dekat RS Polri Sukanto Jakarta Timur.
    Hari Rabu, 1 Juli 2020 saya coba telp, tp blm ada yang angkat.
    Kami dari PT UPLJ berencana akan mendaftarkan calon karyawan kami untuk kegiatan psikotes, apakah dari Namira bisa memfasilitasi. Saat ini kami urgent untuk 1 org calon karyawan dulu, tp bbrp bulan kedepan, akan ada byk yang akan ikut psikotes.

    Mohon info lebih lanjut lagi dalam waktu yang tidak terlalu lama.

    Terimakasih.

    BalasHapus