Perlu Gak Sih Test Psikologi atau Psikotes?


Perlu Gak Sih Test Psikologi atau Psikotes?
Seringkali kita mendengar pertanyaan atau bahkan kita yang bertanya mengenai perlu atau tidaknya psikotes, atau pertanyaan-pertanyaan seperti di bawah ini:

Mengapa perlu tes psikologi atau biasa umum menyebutnya psikotes?

Mengapa usia anak hingga dewasa (3th-55th) membutuhkan psikotes baik dalam bidang pendidikan,perusahaan (pekerjaan), kesehatan mental ?

Mengapa kita perlu tes minat dan bakat?

Dalam beberapa hal, tes psikologi begitu dibutuhkan. Misalnya saja dalam ujian masuk kerja, masuk sekolah, pemilihan jurusan atau sejenisnya. 

Berikut ini beberapa alasan perlunya kita mengikuti tes psikologi:
  1. Kita bisa memahami potensi serta kompetensi yang dimiliki, seperti kemampuan umum (IQ, daya tangkap, penalaran);
  2. Kita bisa memahami bakat dan minat terpendam dalam diri, seringkali usia anak, remaja hingga dewasa belum memahami hal itu sehingga bila ditanya cita-cita, hobi, bakat, minat jawabannya adalah "tidak tahu";
  3. Kita bisa memahami karakter kepribadian. Ini juga sering terjadi bila ada orang ditanya.. Apa kelebihan dan kekurangan anda secara personal .. Jawaban umum biasanya adalah "Wah..saya nggak bisa menilai diri sendiri atau yang bisa menilai diri saya kan orang lain," atau jawaban praktis terkesan mengabaikan pertanyaan dan enggan menjawab "tidak tahu".
  4. Kita bisa memahami sikap belajar atau sikap kerja. Pastinya sebagai orang tua atau sebagai pemimpin di perusahaan ingin menilai kemampuan aanak atau pegawainya. Contoh: "Anak saya tuh pinter loh tapi kok ya males banget kalo disuruh ngerjain PR, cepet dan nggak bisa rapi gitu looh." Atau di kantor seperti ini "Si Bono ya ga pinter pinter amat, tapi saya suka kalo kasih instruksi ke dia, selalu dikerjain dengan cepet asal ya pesennya nggak terlalu rumit."

Manfaat  Psikotes dalam Tes Inteligensi, Tes Bakat dan Tes Prestasi

Psikotes terkait tes bakat dan tes prestasi biasanya digunakan dalam bidang-bidang sebagai berikut:

1. Bidang Pendidikan: manfaatnya adalah untuk merencanakan atau membuat keputusan mengenai pendidikan individu.
Contohnya:
  • Tes inteligensi, tes bakat majemuk, tes bakat khusus, dan tes kepribadian > warid belajar (konseling penjurusan / karir pendidikan)
  • Tes prestasi belajar dapat digunakan untuk melihat prestasi umum, kemampuan dasar, prestasi khusus.
  • Tes prestasi juga dapat menjadi tes bakat bila tes tersebut dapat menjadi dasar yang cukup valid untuk meramal keberhasilan di jenjang berikutnya.
2. Bidang Pekerjaan: dapat digunakan untuk merencanakan atau membuat keputusan mengenai pekerjaan.
Misalnya:
  • Inteligensi umum, bakat umum, dan bakat khusus dapat memprediksikan kira-kira seseorang akan lebih sukses bila menempati posisi di pekerjaan seperti apa.
  • Untuk menduduki posisi jabatan tertentu, maka seseorang harus memenuhi syarat tingkat inteligensi dan menunjukkan bakat tertentu. Contoh: seorang pilot harus memiliki nilai inteligensi dan emosional tertentu, mampu bertindak cepat, kemampuan mengambil keputusan, memiliki skor baik di tes mekanikal, memiliki skor cukup baik di tes akurasi kerja, dlsb.
Karena banyaknya sumber daya manusia yang potensial dan ketatnya persaingan  di semua bidang, baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan dst, maka untuk mengukur kesehatan mental sumber daya manusia tersebut dibutuhkan tes psikologi.

Karena itu, marilah kita kenali potensi dan kompetensi diri selain kemampuan akademik.

Jangan takut datang ke Psikolog karena adanya stigma umum bila berkunjung ke psikolog antara lain "Emang gue gila?" atau  "Emang gue punya masalah apaan?."
Please deh hari gini ke Psikolog itu nggak hanya untuk urusan begitu saja.

Yuuuk, kenali dirimu sebelum mengenali orang lain.

Narasumber : Doli Rochasli Adiningtias, Psi dari Namira Consulting
Website : www.namiraconsulting.com

4 Komentar

  1. Apakah nisa psikotest online bu

    BalasHapus
  2. Tidak bisa, kami hanya melakukan ujian psikotes dan asesmen secara tatap muka (offline)

    BalasHapus
  3. Saya mau konsultasi mengenai psikotes . Berapa biaya nya ? Apakah nanti di ajarkan trik mengerjakan psikotes ?

    BalasHapus
  4. Anak saya di suruh psikotes untuk masuk sekolah SMA,tapi saya belum tau harus ke mana dan biayanya besar apa tidak makasih untuk infonya

    BalasHapus